dari Bpk. Siswo Nugroho

siswonugroho_com-pengusaha-online-sukses-adalah-mereka-yang-tahu-bahwa-semakin-banyak-traffic-semakin-banyak-pelanggan-semakin-banyak-penjualan-semakin-banyak-keuntungan-dan-mereka-tahu-Dulu, konon katanya, cuma webmaster yang bisa membuat website dan mengelolanya sekaligus. Tapi, untungnya jaman cepat berubah. Sehingga bukan webmaster saja yang bisa membuat website. Orang biasa juga bisa, seperti saya dan Anda. Tidak perlu jadi master… Asal Anda punya kemauan, Anda juga bisa membuat website. Kurang apalagi? Berbagai kemudahan membuat website sudah tersedia di internet. Mau pasang template? Ada! Mau pasang hosting? Dengan budget minimal pun Anda bisa mendapatkannya.

So, tunggu apalagi? Mari kita buat website. Tapi, jangan website yang asal-asalan. Karena website bisa jadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan, Oleh karenanya kita harus serius! Website juga mewakili citra diri kita.

Website sama seperti toko yang memajang semua produk anda. Makanya, buatlah produk yang bagus dan dibutuhkan banyak orang, lalu tampilkan di website. Seluruh dunia akan melihatnya. Bukan cuma orang Indonesia saja, tapi seluruh dunia!

Benarkah seluruh dunia akan melihatnya? Kalau Anda tahu bagaimana caranya mengundang pengunjung ke website Anda, pastinya seluruh dunia bisa melihat “toko” Anda. Jangan membuat website lalu ditinggal begitu saja. Anda perlu menciptakan traffic ke toko anda.

Nah, bagaimana website kita bisa kebanjiran traffic? Bagaimana caranya agar website anda kebanjiran pengunjung? Sabar dulu, ijinkan saya menjelaskan beberapa hal. Boleh?

Sukses menjadi pengusaha online itu perlu traffic. Itu sangat betul! Tapi, bukan sembarang traffic, bukan sembarang pengunjung. Hanya pengunjung yang menginginkan produk Anda lah yang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan bisnis. Oleh karena itu, Anda harus tahu siapa yang datang ke website Anda? Siapa yang sekadar mampir? Berapa lama mereka ada di website Anda? Dan, bagaimana mereka bisa sampai ke website Anda? Agar, anda bisa mendeteksi apa yang mereka inginkan dari website anda. Percayalah memberikan apa yang pengunjung mau adalah kunci sukses dalam penjualan.

Sedangkan untuk jumlah kunjungan (hit) anda bisa lihat dari web page. Nah, banyaknya kunjungan ini baiknya Anda pisahkan, pengunjung mana yang rutin datang ke website Anda? Website Anda bisa populer hanya jika ada pengunjung yang rutin datang ke website anda. Mereka akan selalu kembali pada Anda dan penasaran apakah website anda sudah di-update hari ini?

Untuk memenangkan permainan traffic Anda bisa terapkan langkah taktis di bawah ini. Bukan hanya pasang iklan dan “gembar-gembor” promosi saja. Tapi, bagaimana memenangkan permainan ini?

  • Buat website yang sederhana dan mudah dibaca. Agar pengunjung mudah menggunakan website anda.

  • Buat konten yang bisa mendongkrak target pasar anda. Konten ini jelas harus menarik, mudah dipahami, dan merangsang pengunjung untuk membeli produk anda.

  • Gunakan search engine untuk memasarkan produk. Dengan mengoptimalkan search engine, target pasar anda bisa menemukan website dengan mudah. Kapanpun mereka menggunakan search engine untuk surfing, mereka bisa segera menemukan website Anda. Search engine bisa jadi kendaraan hebat yang mengantarkan pengunjung ke halaman website Anda.

  • Terapkan semua strategi yang bisa mengundang perhatian pengunjung. Dan berikan kemudahan pada pengunjung untuk menghubungi Anda kembali. Sebisa mungkin tinggalkan ”jejak” untuk pengunjung anda. Agar, setiap kali mereka ingin kembali ke website anda, mereka bisa melakukannya dengan mudah.

Tidak cukup sampai di sini saja yang harus anda ketahui. Apa lagi kira-kira?

Setiap layanan hosting itu biasa memberi hasil statistik (traffic report). Dari sana anda bisa tahu tingkat keberhasilan website anda. Anda bisa mengecek web page mana saja yang paling lama dikunjungi, web page mana yang paling disukai pengunjung, dan page mana yang tidak pernah diakses sama sekali. Kemudian anda bisa lakukan evaluasi, apa saja yang perlu anda perbaiki? Mungkin konten kurang menarik, atau bahkan justru konten itu yang paling memikat pengunjung. Anda bisa gali sebanyak mungkin potensi website Anda.

Selain itu, traffic report itu juga disertai daftar referrer. Sehingga Anda tahu bagaimana jalurnya sampai pengunjung bisa sampai ke website anda. Apakah mereka menemukan alamat website dari website lainnya ataukah dari online directory? Mungkin pula mereka mendapatkan alamat website Anda dari hasil surfing search engine.

Kita harus tahu apa yang diinginkan pelanggan dari website kita. Agar kita bisa mengatur strategi paling baik untuk viral marketing. Oya, jika anda juga mengelola blog, dan banyak pengunjung yang datang ke sana, Anda bisa membuat forum dan group online. Anda bisa menyebarkan informasi yang Anda punya lewat postingan blog ini.

Saya sangat yakin traffic yang bernilai adalah aset berharga untuk kemajuan bisnis online anda. Dan website yang berharga pasti memiliki traffic yang berharga pula. Anda siap memiliki pelanggan berharga? Jadi miliki dulu website yang berharga…

Pembaca artikel ini biasanya membaca juga artikel dibawah ini:

Artikel ini diambil dari SiswoNugroho.com dengan judul Pengusaha online sukses tahu bahwa semakin banyak TRAFFIC = Semakin Banyak PELANGGAN, Semakin Banyak PENJUALAN, Semakin Banyak KEUNTUNGAN

3 komentar:

  1. Saya sih lebih suka blog mas. Mudah mengelolanya, lebih Search Engine Friendly dan sama-sama berpotensi dapet duit

    BalasHapus
  2. Artikel yang menarik. Saya hampir tiap hari lho mampir ke blog ini. Kecewa rasanya kalau enggak ada postingan terbaru. Soalnya saya pingin banyak belajar biar bisa ketularan sukses. Sering-sering posting ya...

    BalasHapus
  3. Toko Pasarinternet.com adalah satu-satunya Toko Online Terpercaya pilihan Anda. Kami membangun murni sebuah toko online ini dengan dedikasi dan harapan besar dapat memberikan sesuatu yang berguna, sehingga dapat terjalin hubungan yang erat antara Kami dan Pelanggan sebagai sebuah keluarga besar Toko online Pasarinternet.com. Ayo meluncur segera ke http://toko.pasarinternet.com

    BalasHapus

rank

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service