The Power of Inspiration

Dua tahun yang lalu (tepatnya bulan desember) aku membeli sebuah bunga dari Bedugul (Bali). Bunga tersebut sangat indah, merah warnanya (bunga Kana).Beda dengan yang ada di Surabaya. Bedugul adalah tempat rekreasi yang bagus, dan udaranya dingin.Pemandangannya banyak memberikan inspirasi buatku. Saya sempat memfotonya.
Bunga tersebut saya tanam di kota Surabaya yang panas. Apa yang terjadi ? Daunnya layu, dan akhirnya tak ada satu daun pun. Saya pikir dia sudah mati. Beberapa bulan kemudian mulai muncul daun lagi hanya 1 buah saja, lama kelamaan menjadi 3 helai daunnya dan mulai tumbuh bagus. Sejenak saya berpikir, ternyata bunga ini tidak mati. Dia berusaha bertahan di udara kota Surabaya, menyesuaikan diri, dan akhirnya berhasil tumbuh kembali. Demikianlah dalam mengelola sebuah Blog/website kita harus kuat seperti tanaman itu. Memang tidak mudah mengelola blog/site. Apalagi kalau kunjungannya sedikit, membuat kita malas mengisi contennya. Ingat memepertahankan lebih sulit dari pada membuat sebuah blog baru. Jika kita menghadapi kunjungan yang sepi, jangan putus asa dulu. Adakan reset kembali, mengapa kunjungan kita turun. Mungkin conten nya mutunya menurun, mungkin juga kurang mengunjungi web-web/blog-blog lain (program pertukaran link) dan sebagainya. Kalau lagi putus asa ingatlah cerita saya ini. Camkan judulnya "The Power of Inspirations". Baca kembali blog ini. Siapa tahu dapat membantu anda.

2 komentar:

  1. Cerita yang sangat menggugah. Bunganya enggak mudah putus asa ya, sama dengan pembelinya. Seandainya aja yang beli bunga tersebut orang lain yang enggak sabaran, mungkin bunga tersebut sudah dibuang...
    Saya yakin blog ini mampu bertahan bahkan bangkit menjadi sukses, seperti cerita bunga Kana tersebut. Salam sukses.

    BalasHapus
  2. Saya juga suka menggunakan pengandaian untuk menghibur diri. Saat pengunjung blog stagnan / sepi. Saya mengandaikannya seperti tumbuhan juga.
    - Saat biji masih di dalam tanah seperti blog saat baru dibuat, belum terindex di search engine.
    - Kemudian biji tersebut mulai tumbuh tunas, mulai menyembul terlihat sedikit, seperti blog saat baru terindex.
    - Lalu perkembangannya begitu pesat, cepat sekali tambah tingginya. Begitu pula dengan blog.
    - Sampai suatu ketinggian tertentu, tanaman itu sepertinya stagnan, tidak betambah tinggi lagi. Kenapa? Karena dia sedang memperkokoh dirinya, memperbesar diameter batangnya, akarnya, mulai tumbuh ranting baru, dsb. Seandainya dia terus tambah tinggi, akankah dia kuat diterjang angin dan badai?

    Tetaplah semangat sahabat, anggap saja saat blog sepi pengunjung adalah saat kita memperkokoh diri, kita perlu belajar lebih banyak.
    Saat proses memperkokoh diri selesai, tumbuhan tersebut akan mulai berbunga dan berbuah. Yuk kita nantikan saat indah tersebut...

    BalasHapus

rank

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service